Selamat Datang Di Website Oi Kota Bekasi
http://oi-kotabekasi.blogspot.com/p/oi-kota-bekasi-peduli.html

Rabu, 13 November 2013

Tiga tahun Angklung di mata Dunia

Saung Angklung Udjo Bandung bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan menggelar festival angklung bertajuk "Angklung Pride 2013" pada Sabtu, 16 November 2013.

Bertempat di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka Bandung, kegiatan tersebut untuk merayakan tiga tahun diresmikannya angklung oleh UNESCO sebagai warisan tak benda asli dari Indonesia.

Ketua pelaksana, Ahadian Hadikusumah, mengatakan Angklung Pride merupakan rangkaian acara tahun ketiga yang digelar dengan variasi dan warna lain dari acara di tahun-tahun sebelumnya. "Kali ini kegiatan akan digelar satu hari penuh dengan mengemasnya menjadi dua set acara, yaitu festival angklung dan apresiasi pertunjukkan musik angklung," ujar Ahadian saat konferensi pers di Jalan Padasuka Bandung, Selasa, 12 November 2013.

Dia mengatakan, festival angklung akan melibatkan delapan sekolah dari Indramayu, Cirebon, Sumedang, Tasikmalaya, Bogor, Bekasi, Subang dan Bandung. Digelar juga pertunjukkan bambu spesial dari murid Saung Angklung Udjo terdiri dari wayang golek, upacara adat, tarian daerah, dan konsep musik angklung seperti Alunan Rumpun Bambu (Arumba), Angklung Interaktif dan Angklung Orkestra.

"Adanya festival dan apresiasi pertunjukkan angklung semoga bisa menjadi sebuah upaya regenerasi kesenian angklung bagi anak-anak dan masyarakat luas. Sehingga angklung semakin dikenal dan dilestarikan," katanya.

Ketua Yayasan Saung Angklung Udjo, Sam Udjo, mengharapkan acara ini bisa menambah rasa bangga bangsa Indonesia pada alat musik bamboo tersebut, sehingga gerakan pelestariannya bisa berkesinambungan.

"Angklung sekarang sudah tidak asing lagi di mata dunia, tugas kita sekarang yaitu menggali potensi dari daerah-daerah di Indonesia. Semoga masyarakat bisa termotivasi untuk mempromosikan dan meregenerasikan budaya angklung supaya terus hidup dan lestari," ujarnya.

Sepanjang 2013, kegiatan pelatihan dan pertunjukkan Saung Angklung Udjo Bandung seperti arumba, orkestra, angklung interaktif sudah dilakukan di luar negeri, yaitu Jepang, Jerman, Kuwait, Taipei, China, Korea, dan Myanmar. RISANTI TEMPO.CO