Selamat Datang Di Website Oi Kota Bekasi
http://oi-kotabekasi.blogspot.com/p/oi-kota-bekasi-peduli.html

Selasa, 19 November 2013

Tak Hanya Bermusik, Musisi Ini Juga Kritik Pemerintah



1. IWAN FALS
Musisi satu ini tak bisa dibungkam dalam menyuarakan protesnya lewat lagu. Berbagai krtik sosial yang menggelitik namun mengena membuat kuping panas siapa saja yang merasa dan sering mendapatkan pencekalan dari pemerintah Orde Baru

Kini Iwan Fals mengurangi kritik sosial tersebut menjadi lebih peduli pada lingkungan. Dia sering melakukan aksi tanam pohon sebelum menggelar konser.

2. SLANK
Parahnya korupsi di Indonesia membuat Slank jengah. Mereka menunjukkan aksi sosialnya dengan membuat kampanye anti korupsi baik aksi langsung atau lewat lagu.

Kini mereka menggelar aksi untuk menghentikan tambang di Pulau Bangka. Mereka cemas dengan kondisi Pulau Bangka apabila penambangan tersebut dilakukan.

3. SUPERMAN IS DEAD
Rencana reklamasi Teluk Benoa menimbulkan kontroversi dan penolakan masyarakat Bali. Tak ketinggalan pula trio punk rock, Superman is Dead yang turut berpartisipasi dalam penolakan tersebut.

Berbagai musisi Bali termasuk Superman is Dead pun turut berpartisipasi dalam sebuah lagu protes. Lagu tersebut berjudul Bali Tolak Reklamasi.

4. EFEK RUMAH KACA
 Salah satu generasi muda yang tak terjebak dalam industri musik saat ini. Lirik protes tak harus dengan musik cadas, seperti yang dilakukan oleh band asal Jakarta, Efek Rumah Kaca ini.

Band ini mengkritisi dari masalah sosial hingga politik dengan bahasa yang indah namun pas mengena. Lagu-lagunya juga banyak menginspirasi anak muda untuk peduli akan masalah sosial.

5. NAVICULA
 Satu lagi band asal Bali yang menyuarakan muatan kritik sosial dalam liriknya. Navicula menyuarakan dengan lantang apa yang terjadi di negeri ini,s eakan membangunkan kita dari buaian.

Salah satu lagunya seperti Mafia Hukum membuat kita membuka mata akan praktik hukum yang terjadi di Indonesia. Lagu terbaru mereka berjudul Jujur dan Setia akan membuka fakta sebuah kekejaman terhadap anjing jalanan yang dibunuh hanya untuk penyelenggaraan APEC 2013 di Bali.